KPU BADUNG IKUTI RAKOR DOKUMEN PENCALONAN PEMILU 2019 DAN PILKADA 2020

  • 22 Oktober 2019
  • 17:25 WITA
berita_192510061043_KPUBADUNGIKUTIRAKORDOKUMENPENCALONANPEMILU2019DANPILKADA2020.jpeg

Mangupura - KPU Kabupaten Badung mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan Dokumen Pencalonan Pemilu Tahun 2019 dan Pilkada 2018, yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali, Selasa (22/10/2019).

 

Rakor yang dilaksanakan di Grand Inna Bali Beach mengundang Ketua, Divisi Teknis dan Penyelenggara, KSB Teknis dan Hupmas serta Operator SILOn KPU Kab/Kota se-Bali.

 

Dalam sambutan pembukaan oleh Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Lidartawan, menyampaikan beberapa hal penting berkenaan dengan persiapan menjelang pelaksanaan Pilkada 2020. Secara umum disampaikan pentingnya melakukan pengarsipan dokumen pemilu, pelayanan optimal kepada pihak yang membutuhkan data informasi, penugasan staf serta tindak lanjut pencairan anggaran bagi kab/kota yang akan melaksakan Pilkada.

 

Untuk divisi teknis, diharapkan sudah melakukan perencanaan proses pencalonan, menyesuaikan tahapan, serta antisipasi untuk menyikapi adanya revisi terhadap UU dan PKPU.

 

Hadir sebagai narasumber Kasubag Penghitungan dan Pemungutan Suara KPU RI Andi Bagus Makawaru dengan materi sinkronisasi dokumen pencalonan dengan aplikasi Silon. Penting bagi KPU untuk melakukan arsip dokumen pemilu khususnya pencalonan, tungsura dan rekapitulasi baik secara digital maupun hardcopy. Dokumen hardcopy tidak akan bertahan lama, apalagi jika ada pergantian struktur. Pengelola berikutnya akan kesulitan menemukan dokumen yang dibutuhkan karena tidak pernah dilakukan serah terima dokumen saat pergantian.

 

"Pengalaman inilah yang membuat kami terus mencoba menerapkan aplikasi dalam setiap tahapan, mempermudah pengarsipan secara digital dan dapat dilihat histori penginputan datanya" jelas Andi Bagus.

 

Selain digitalisasi arsip, juga disampaikan tahapan pengelolaan arsip aktif dan inaktif, penyelematan arsip, jadwal retensi arsip oleh Kasubag Pencalonan dan Penetapan Calon Terpilih KPU RI, Julianto Nugroho.

 

Selanjutnya Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Teknis Penyelenggara, Luh Putu Sri Widyastini, didampingi Divisi Hukum dan Pengawasan AA Gede Raka Nakula, memberikan arahan berkenaan dengan dasar hukum penetapan syarat minimal dukungan calon perseorangan serta alur pencalonan pada Pilkada 2020 mendatang.

 

Pada sesi diskusi disampaikan kendala yang dihadapi saat pengoperasian aplikasi Silon saat Pilkada dan Pemilu sebelumnya. Dari diskusi ini diharapkan ada perbaikan dari sisi aplikasi yang mempermudah operator dalam pengoperasiannya pada Pilkada 2020 mendatang.

 

FOTO TERKAIT :

Komentar