KPU BADUNG SAMAKAN PERSEPSI TERKAIT SYARAT DUKUNGAN PERSEORANGAN

  • 21 Oktober 2019
  • 13:15 WITA
berita_192510071039_KPUBADUNGSAMAKANPERSEPSITERKAITSYARATDUKUNGANPERSEORANGAN.jpeg

Mangupura-KPU Kabupaten Badung mengundang Bawaslu Kabupaten Badung untuk melakukan koordinasi terkait persiapan penetapan Jumlah Minimal dan Persebaran Syarat Dukungan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 mendatang, Senin (21/10/2019) .

 

Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta menyampaikan bahwa penyelenggara harus menyamakan persepsi berkenaan dengan dasar hukum yang digunakan sebagai pedoman penetapan syarat minimal.

 

“Penting dilakukan koordinasi karena sampai saat ini KPU belum menerbitkan Peraturan KPU Pencalonan. Disatu sisi sesuai dengan tahapan, penyelenggara dituntut  untuk menetapkan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan yang ingin mengajukan diri sebagai pasangan calon pada 26 Oktober 2019.”

 

Menurut Bawaslu Kabupaten Badung yang dihadiri langsung oleh Ketua, I Ketut Alit Astasoma, untuk saat ini dasar yang dipergunakan sebagai dasar adalah UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 menjadi Undang-Undang. Dalam UU sudah jelas disebutkan ketentuan syarat jumlah penduduk yang tercatat dalam DPT, persentase dukungan serta  jumlah sebaran dukungan di tiap kecamatan.

 

“Jikapun nanti akan dikeluarkan peraturan yang baru berkenaan dengan pencalonan, maka dokumen yang sudah ditetapkan bisa dilakukan penyesuaian terhadap substansi materinya dan disampaikan kepada stakeholder” jelas Alit Astasoma.

 

Pada Pilkada Tahun 2020, syarat Partai Politik atau gabungan partai politik dapat mengajukan Pasangan Calon berdasarkan pasal 40 ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 2016 bahwa partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPRD atau 25 % dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu anggota DPRD yang bersangkutan.

 

Untuk calon perseorangan, dapat mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati jika memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam daftar pemilih tetap di daerah bersangkutan pada pemilu terakhir. Kabupaten Badung masuk pada kategori kabupaten dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 250.000 sampai dengan 500.000 harus didukung paling sedikit 8,5%”.

 

FOTO TERKAIT :

 

Komentar