KPU Badung Gelar Sosialisasi Internal Pasca Penetapan Jumlah Minimun Dukungan Calon Perseorangan

  • 01 November 2019
  • 14:25 WITA
berita_190111061107_KPUBadungGelarSosialisasiInternalPascaPenetapanJumlahMinimunDukunganCalonPerseorangan.jpeg

Mangupura - Untuk memantapkan persiapan menghadapi pelaksanaan Pilkada Badung Tahun 2020, KPU Kabupaten Badung mengadakan Rapat Evaluasi Peraturan KPU dan Produk Hukum Pelaksanaan Pemilu 2019 dan Sosialisasi Jumlah Minimum Persyaratan dan Persebaran Dukungan Pasangan Calon Perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2020, bertempat di Ruang Rapat Nayakottama KPU Kabupaten Badung, Jumat (01/11/2019).

Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta saat membuka rapat menyampaikan bahwa penting bagi personil KPU Badung untuk mengetahui seluruh tahapan  secara rinci. KPU sebagai penyelenggara nantinya yang akan menyampaikan semua bentuk informasi pelaksanaan tahapan Pilkada Badung 2020 kepada masyarakat luas, sehingga harus ada pemahaman yang sama atas informasi tersebut.
 
Pada kesempatan pertama, anggota KPU Badung Divisi Teknis Penyelenggara, Ni Luh Nesia Padma Gandi, menyampaikan tahapan Pilkada Badung secara detail, dilanjutkan dengan materi syarat dukungan bagi pasangan calon perseorangan.

Sesuai dengan tahapan, KPU Badung sudah menetapkan jumlah minimum persyaratan dan persebaran dukungan bagi calon perseorangan. Nesia Gandi memaparkan bahwa jumlah minimum dukungan bagi pasangan calon yang ingin maju melalui jalur perseorangan di Kabupaten Badung sejumlah 32.692 pemilih. Jadwal penyerahan syarat ini nanti akan diumumkan pada tanggal 25 Nopember 2019.

Meskipun leading sector pelaksana tahapan ini ada di Divisi Teknis, diharapkan semua pihak dapat mendukung. Nantinya akan dibentuk helpdesk atau pos pelayanan konsultasi bagi calon perseorangan.

Selanjutnya, anggota KPU Badung Divisi Hukum dan Pengawasan, Nur Sodiq menyampaikan materi berkenaan dengan etika penyelenggara pemilu/pemilihan. Kode etik ini menjadi pedoman bagi penyelenggara pemilu agar berintegritas dan profesionalitas. 
"Penyelenggara yang berintegritas akan menghasilkan pemilu yang kredibel" jelas Pak Nur.

Kegiatan ditutup dengan ajakan untuk menggemakan slogan  "Mari kita sukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 dengan cara datang ke TPS tanggal 23 September 2020."

Komentar