KPU Badung Sosialisasikan Tahapan Pilkada Badung 2020 Dalam Rakor Kecamatan Kuta

  • 04 Desember 2019
  • 16:40 WITA
berita_190412041246_KPUBadungSosialisasikanTahapanPilkadaBadung2020DalamRakorKecamatanKuta.jpeg

Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020 kembali menyasar perangkat desa/kelurahan  serta tokoh masyarakat Bendesa Adat se Kecamatan  Kuta, Rabu (04/12/2019) bertempat di Kantor Camat Kuta. Kegiatan sosialisasi dirangkaikan dengan rapat koordinasi dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Polsek Kuta.

 

Apresiasi Camat Kuta I Nyoman Rudiarta, atas kehadiran KPU Kabupaten Badung untuk memberikan sosialisasi berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada Badung Tahun 2020, selain agenda pembahasan pemanfaatan dana DAU 2020 untuk wilayah Kecamatan Kuta.

 

Pada kesempatan pertama, Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat I Wayan Artana Dana memaparkan gambaran umum tahapan  pelaksanaan Pilkada Badung Tahun 2020.

 

Angka partisipasi masyarakat selalu menjadi penekanan dalam setiap pertemuan. Angka partisipasi yang cenderung menurun dalam setiap periode pemilihan kepala daerah, menjadi tugas KPU dalam upaya mencari solusi meningkatkan partisipasi pemilih dan mengingatkan peran serta masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pilkada nanti.

 

" Untuk Kecamatan Kuta sendiri tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sebesar 74,70%, kami mohon bantuannya untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Badung  22 September 2020, sekaligus kami sosialisasikan Pemantau, dimana KPU Badung membuka ruang bagi lembaga masyarakat untuk turut serta mengawasi pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020 mendatang," jelas Artana Dana.

 

Memasuki masa penyerahan syarat dukungan bagi calon perseorangan, Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Hukum dan Pengawasan, Nur Sodiq menyampaikan hal krusial pada tahapan ini yaitu syarat pencalonan perseorangan.

 

"Kami telah mengumumkan melalui media cetak dan juga website berkenaan dengan jadwal penyerahan syarat dukungan bagi calon perseorangan dalam Pilkada Badung 2020, jumlah minimum syarat dukungan sejumlah 32.692 yang tersebar paling sedikit di 4 Kecamatan se-Kabupaten Badung yang diserahkan  tanggal 19-23 Februari 2020 dengan kelengkapan dokumen yang telah ditentukan oleh KPU Badung," jelas Nur Sodiq.

 

Poin penting lainnya ada pada kegiatan pemantauan, dan KPU Badung juga telah mengumumkan perihal pendaftaran pemantau pemilihan, pelaksana survei dan penghitungan cepat.

 

Hadir dalam kegiatan perwakilan Polsek Kuta dan Danramil, Bendesa Adat, Kepala Lingkungan, Ketua LPM, dan tentunya Lurah yang hadir lengkap dari 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Kuta.
 

FOTO KEGIATAN

Komentar