Maksimalkan Potensi Calon Perseorangan, KPU Badung Lakukan Simulasi Penerimaan Syarat Dukungan

  • 17 Januari 2020
  • 17:50 WITA
berita_202301080124_MaksimalkanPotensiCalonPerseorangan,KPUBadungLakukanSimulasiPenerimaanSyaratDukungan.png

Mangupura, - KPU Kabupaten Badung mengadakan Simulasi Penerimaan Syarat Dukungan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung Tahun 2020, Jumat (17/01/2020) bertempat di Ruang Rapat Nayakottama Kantor KPU Kabupaten Badung.


Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa simulasi ini bertujuan untuk membangun pemahaman teknis yang sama sehingga semua pihak dapat menjalankan tugas dengan baik saat penerimaan dukungan calon perseorangan pada masa 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020 yang akan datang.

 

“Simulasi ini untuk mengukur kesiapan KPU Kabupaten Badung dalam menerima dan memeriksa berkas dukungan bakal Pasangan Calon yang mendaftar melalui jalur perseorangan, menyamakan pemahaman proses dari sisi aturan dan penerapan aplikasi” jelas Semara Cipta.

 

Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Teknis Penyelenggara, Ni Luh Nesia Padma Gandi, yang memandu pelaksanaan simulasi menjelaskan proses setiap tahap dari penerimaan sampai dengan ditetapkannya status dokumen Bakal Pasangan Calon. Hasilnya digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan helpdesk berkaitan dengan pengoperasian Aplikasi Sistem Pencalonan (SILON) dan dokumen yang diserahkan ke KPU Kabupaten Badung.


Poin penting dalam penerimaan syarat dukungan adalah menghitung jumlah dan sebaran dukungan, serta mengecek kesesuaian jumlah dan sebaran dukungan pada formulir yang diserahkan. Hasil pengecekan ini yang nantinya menjadi dasar penetapan status dokumen pada Aplikasi SILON.


Proses simulasi sendiri berjalan cukup lancar dengan 2 (dua) skema penerimaan, yaitu dokumen yang dinyatakan diterima dan dokumen yang dikembalikan untuk diperbaiki pada masa penyerahan syarat dukungan.


Hasil evaluasi kegiatan secara keseluruhan bahwa simulasi yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan. Namun harus disiapkan juga antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi saat penerimaan syarat dukungan. Harapannya pada pelaksanaannya nanti KPU Kabupaten/Kota sudah siap sehingga dapat menjalankan tahapan dengan baik.


Selain melibatkan semua pegawai sekretariat dan komisioner sesuai dengan kebutuhan petugas penerimaan, kegiatan juga dihadiri oleh Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Teknis Penyelenggara Ni Luh Putu Sri Widyastini yang sekaligus merupakan Koordinator Wilayah Badung, dan juga Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Tabanan, Kabupaten Bangli dan Kota Denpasar.

 

Foto terkait:

Komentar