KPU Badung Ikuti Webinar Norma Hukum Potensi Pelanggaran dan Antisipasi Pilkada Di Era New Normal

  • 01 Juli 2020
  • 13:10 WITA
berita_200107110757_KPUBadungIkutiWebinarNormaHukumPotensiPelanggarandanAntisipasiPilkadaDiEraNewNormal.jpeg

MANGUPURA. Dalam rangka persiapan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020, KPU Provinsi Bali menyelenggarakan webinar dengan menggandeng Bawaslu Provinsi Bali sebagai bentuk sinergitas pada Senin (01/07/2020). Adapun tema yang diangkat kali ini berkenaan dengan Norma Hukum Potensi Pelanggaran dan Antisipasi Pilkada Di Era New Normal.

Hadir mengikuti webinar dari KPU Kabupaten Badung Nur Sodiq selaku Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan didampingi Kepala Sub.Bagian Hukum Ni Made Irawati bertempat di Rumah Pintar Pemilu.

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan dalam sambutannya mengatakan pilkada di tengah pandemi ini baru pertama kali pihaknya melaksanakan. Terlebih semuanya serba terpotong atau terlambat tapi inilah yang terjadi dan harus dihadapi.

“Tentu pilkada di tengah pandemi ini akan banyak aturan baru, norma baru. Dengan demikian kita semua diharapkan mampu sebagai penyelenggara yang tetap berkualitas di situasi sekarang,” ujar Gung Lidartawan.

Menurutnya tujuan penyelenggaraan webinar ini adalah ingin menyatukan visi untuk menyukseskan pilkada dengan tidak mengurangi kualitas sedikit pun. “Mampu memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya sehingga kita bisa mencatat sejarah, walaupun di tengah pandemi Bali paling sukses penyelenggaraan diantara seluruh KPU dan Bawaslu di Indonesia,” harapnya.

Pada sisi lain, Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ni Ketut Ariyani dalam arahannya menuturkan bagaimana membangun komunikasi dan menyamakan persepi terkait dengan norma-norma hukum yang ada.

“Mudah-mudahan kegiatan pada pagi hari ini bisa dicermati, dipahami, dan dilaksanakan pada saat pengawasan maupun pelaksanaan oleh KPU,” terangnya.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber dari lembaga yang berbeda yakni KPU Provinsi Bali yang diwakili A.A Gede Raka Nakula dan Ketut Rudia Anggota Bawaslu Provinsi Bali dipandu oleh moderator Melgia C. Van Harling. Pada saat rapat salah satu peserta menyinggung istilah Salus Populi Suprema Lex Esto yang berarti Keselamatan Rakyat Merupakan Hukum Tertinggi.

Foto terkait :

Komentar

Pengumuman Terkait

Dokumen Terkait