Salin Sinergitas Melalui MoU, KPU Gandeng Dinas Kesehatan Sukseskan Pilbup Badung 2020

  • 07 Juli 2020
  • 13:05 WITA
berita_200707050740_SalinSinergitasMelaluiMoU,KPUGandengDinasKesehatanSukseskanPilbupBadung2020.jpeg

MANGUPURA. Menindaklanjuti Surat Ketua KPU RI Nomor : 531/PR.07-SD/01/KPU/VII/2020 perihal pelaksanaan protokol kesehatan pada tahapan pemilihan, KPU Kabupaten Badung gencarkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan pada Selasa, (07/07/2020).

Adapun agenda yang dibahas dalam rapat koordinasi terkait MoU KPU Kabupaten Badung dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. Selain itu, dibahas pula kelanjutan pelaksanaan rapid test untuk penyelenggara pemilu tingkat kecamatan (PPK), tingkat desa (PPS) sampai petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang belum melaksanakan test pada tanggal 25 Juni maupun 02 Juli 2020.

Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) kegiatan rapat dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol Covid-19, di antaranya  penggunaan masker, cuci tangan, cek suhu tubuh dan jaga jarak.

Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menuturkan peran pemerintah untuk pemilihan tahun ini lebih dari sekadar urusan politik, tetapi juga harus memfasilitasi terkait rapid test mengingat pelaksanaannya berjalan disaat pandemi Covid-19.

“Kami berharap KPU dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung terus bekerja sama ditengah pandemi Covid-19 mengenai protokol kesehatan, terlebih MoU yang telah dirancang akan membuat 2 lembaga ini semakin solid dalam menjalankan tugasnya,” terang Semara Cipta panggilan akrabnya.

Disinggung mengenai banyaknya penyelenggara pemilu yang enggan mengikuti rapid test, pihaknya menuturkan banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Di antaranya adalah stigma sosial di masyarakat. Hal ini yang perlu diluruskan mengingat rapid test hanya sebagai screening awal untuk pemeriksaan kesehatan bagi Badan Adhoc.

Pihak Dinas Kesehatan yang diwakili dr. Wayan Darta menegaskan bahwa rapid tidak serta merta menyatakan orang terjangkit virus, semuanya kembali kepada imun tubuh yang bersangkutan.

Pada kesempatan tersebut, Dinas Kesehatan juga menyatakan kesiapan dalam kerjasama protokol kesehatan. "Berkaitan dengan surat kerja sama Nomor 531, Dinas Kesehatan akan memfasilitasi KPU Kabupaten Badung untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Hadir mendampingi dalam rapat Anggota KPU Kabupaten Badung Nur Sodiq, Anggota KPU Kabupaten Badung Ni Luh Nesia Padma Gandi dan Sekretaris KPU Kabupaten Badung I Gusti Nyoman Wiraguna yang sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran mengenai stigma rapid test di tengah masyarakat dan solusinya.

 

Foto Terkait :

Komentar

Dokumen Terkait