AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

TOKOH MASYARAKAT KEC. PETANG MENGUSULKAN DAERAH PEMILIHAN TERSENDIRI

Oleh : kpubadung | 12 Juli 2012 | Dibaca : 955 Pengunjung

Perwakilan tokoh masyarakat Kec. Petang pada hari Jumat, 6 Juli 2012 mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung. Tujuan kedatangannya adalah untuk mengusulkan agar pada Pemilihan Umum Anggota DPRD Kabupaten Badung tahun 2014, Kecamatan Petang dapat menjadi Daerah Pemilihan (Dapil) tersendiri yang terpisah dengan Kecamatan Abiansemal.
 
Kabupaten Badung seluruhnya terdiri dari 6 kecamatan yaitu Kecamatan Petang, Abiansemal, Mengwi, Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan. Masing-masing terbagi atas desa dan kelurahan yang seluruhnya berjumlah 62. Pada Pemilihan Umum tahun 2004 dan 2009, Kecamatan Petang dan Abiansemal digabung menjadi 1 daerah pemilihan anggota DPRD Kabupaten Badung yaitu Dapil Badung IV. Sementara kecamatan lainnya yaitu Kuta menjadi Dapil Badung I, Kuta Utara menjadi Dapil Badung II, Mengwi menjadi Dapil Badung III dan Kuta Selatan menjadi Dapil Badung 5.
 
Daerah pemilihan Badung 1 terdiri dari 6 kursi, Badung 2 terdiri dari 7 kursi, Badung 3 terdiri dari 10 kursi, Badung 4 terdiri dari 10 kursi dan Badung 5 terdiri dari 7 kursi sehingga seluruhnya berjumlah 40 kursi.
 
Kecamatan Petang memiliki 3 orang anggota DPRD Kabupaten Badung hasil Pemilu 2004, sementara pada Pemilu 2009 hanya terdapat 1 orang wakilnya. Seluruhnya anggota DPRD Badung dari daerah pemilihan Badung 4 berjumlah 10 orang. Hal inilah yang menyebabkan adanya keinginan masyarakat Kecamatan Petang untuk dapat memiliki wakil yang lebih banyak sesuai komposisi jumlah penduduknya. Artinya diharapkan adanya kepastian jumlah keterwakilan masyarakat Kecamatan Petang pada DPRD Kabupaten Badung pada setiap penyelenggaraan Pemilu.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung, Dr. I Wayan Jondra menegaskan bahwa KPU Kabupaten Badung sebagai penyelenggara pemilu di tingkat Kabupaten Badung hanyalah sebagai pelaksana ketentuan peraturan perundangan. Dalam arti tata cara penetapan suatu wilayah menjadi daerah pemilihan sudah diatur dalam peraturan perundangan yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 pada pasal 26 sampai dengan 29. Jadi bersifat baku dan jelas.
 
Dari data jumlah penduduk yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung, maka perhitungan jumlah kursi yang bisa dimiliki Kecamatan Petang belum genap 3. Maka belum memenuhi ketentuan untuk menjadi Dapil tersendiri.
 
Selanjutnya Ketua KPU Kabupaten Badung, Dr. Jondra menyarankan agar dapat dilakukan sosialisasi perekaman data KTP elektronik (E-KTP) secara lebih intensif pada masyarakat kecamatan Petang. Sehingga apabila perekaman data dapat tuntas (100%) maka akan dimungkinkan terpenuhi persyaratan jumlah minimal kursi pada satu daerah pemilihan anggota DPRD Kabupaten Badung di Kecamatan Petang.


Oleh : kpubadung | 12 Juli 2012 | Dibaca : 955 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
Errerere -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?