AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Bentuk Kesepakatan Lokasi dan Ukuran APK Pemilu 2019 Bersama Parpol

Oleh : kpubadung | 22 September 2018 | Dibaca : 201 Pengunjung

 
Bentuk fasilitasi KPU terhadap pelaksanaan Kampanye Pemilihan Tahun 2019 adalah pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho dan spanduk bagi tim kampanye calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres), dan partai peserta Pemilu, serta spanduk bagi perorangan Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
 
 
Guna tercapainya kesepahaman bersama atara penyelenggara dan peserta pemilu di Kabupaten Badung, KPU Badung mengadakan rapat koordinasi demi dicapainya kesepakatan bersama mengenai jumlah dan ukuran APK untuk fasilitasi Kampanye Pemilu 2019.
 
 
Penandatanganan Kesepakatan Bersama Parpol beserta KPU Kabupaten Badung dilaksanakan di ruang rapat Madya Goshana Kantor DPRD Kabupaten Badung, Sabtu (22/09/2018), dihadiri oleh perwakilan Parpol dan Bawaslu Kabupaten Badung.
 
 
Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Badung, Anak Agung Raka Nakula, mengatakan koordinasi ini penting dilaksanakan mengingat ada batasan-batasan yang harus disepakati antara lain lokasi pemasangan, serta besaran ukuran APK terkait terbatasnya lokasi pemasangan serta kekhususan Kabupaten Badung sebagai daerah pariwisata dan juga tempat pelaksanaan even-even internasional.
 
 
“Badung seperti kita ketahui merupakan destinasi pariwisata utama di bali, penting untuk memperhatikan aspek pemasangan APK agar tidak mengganggu kenyamanan pariwisata dan pelaksaan even-even penting, sehingga kegiatan Pemilu dan Pariwisata dapat berjalan seiring harmonis sesuai tujuan kita bersama,” kata Agung Raka Nakula.
 
 
Dalam pelaksanaannya, KPU Kabupaten Badung yang sebelumnya telah menetapkan titik-titik lokasi pemasangan APK yang tersebar di 6 kecamatan dan 62 desa/kelurahan di Badung, mempersilakan Parpol mengambil undian lokasi yang nantinya sebagai tempat Parpol memasang APK.
 
 
“Metode inilah yg bisa kami fasilitasi agar kpu tidak dianggap memiliki kecenderungan atau keberpihakan kepada salah satu peserta pemilu, sehingga metode dengan diundi ini dianggap cara paling fair bagi semua peserta pemilu,” jelas Anggota KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta.
 
 
Menurut peraturan KPU mengenai Kampanye, setelah APK nantinya dicetak dan diserahkan kepada Peserta Pemilu, menjadi tanggung jawab Peserta Pemilu untuk melakukan pemeliharaan dan juga pembongkaran ketika masa Kampanye berakhir.
 
 
Salinan kesepakatan ini dibawa oleh masing-masing Parpol sebagai pegangan dalam pemasangan APK nantinya, dan juga diserahkan kepada Bawaslu Kabupaten Badung dalam rang pelaksanaan pengawasannya.
 
FOTO TERKAIT


Oleh : kpubadung | 22 September 2018 | Dibaca : 201 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?