AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

AKSI LANJUTAN GMHP, KPU BADUNG GELAR BIMTEK PENYEMPURNAAN DATA PEMILIH

Oleh : kpubadung | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 39 Pengunjung

Mangupura- Sebagai upaya tindak lanjut Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), KPU Kabupaten Badung melaksanakan bimbingan teknis penyempurnaan Daftar Pemilih berkelanjutan bagi PPK dan PPS se-Kabupaten Badung (08/10/2018). Bimbingan teknis bertujuan menyamakan persepsi dalam melakukan pencermatan dalam penyempurnaan DPTHP-1 untuk Pemilihan Umum Tahun 2019.

Sesuai tahapan dalam pemutakhiran data pemilih, maka penyempurnaan DPTHP-1 dilaksanakan setelah koordinasi data hasil pencermatan tingkat KPU Kabupaten/Kota dengan Bawaslu dan peserta pemilu. Tahap ini berupa pencermatan terhadap hasil koordinasi tersebut sesuai dengan penetapan DPTHP-1 pada 16 September 2018 lalu.

Saat membuka bimbingan teknis, Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menegaskan salah satu hal penting dalam penyempurnaan data pemilih ini. “PPK dan PPS dapat melibatkan partai politik di tingkatannya untuk melakukan pencermatan, dan ingat untuk melakukan dokumentasi” tegas Agung Lidartawan.

Sementara itu, dalam pemaparan awal oleh Anggota KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta, menyampaikan pencermatan yang harus dilakukan. “Pencermatan dilakukan terhadap data ganda dan anomali, untuk kemudian dilakukan rekapitulasi menggunakan laporan pencermatan data ganda dan anomali” demikian disampaikan Semara CIpta. Terhadap rekapitulasi data ganda dan anomali, diharapkan telah dilakukan pelaporan tahap pertama pada 14 Oktober 2018. 

Dalam bimbingan teknis tersebut, disampaikan juga sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh PPK dan PPS dalam melakukan pencermatan ini. Di antaranya kesulitan untuk menemui dan melakukan verifikasi terhadap pemilih, serta alamat pemilih yang tidak jelas. Terhadap permasalahan tersebut, KPU Kabupaten Badung memberikan kesempatan kepada PPK dan PPS untuk dapat bekerjasama dengan aparat di tingkat desa, sehingga minimal telah dilakukan upaya pencermatan terhadap data ganda dan anomali tersebut.


Oleh : kpubadung | 08 Oktober 2018 | Dibaca : 39 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?