AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Ajak Masyarakat Cemagi Turut Aktif Dalam Pemilu

Oleh : kpubadung | 27 Oktober 2018 | Dibaca : 58 Pengunjung

Dalam rangka menyasar masyarakat adat dalam menyosialisasikan tahapan Pemilu tahun 2019 berbasis forum warga, KPU Kabupaten Badung manfaatkan "paruman" masyarakat adat.

Momen pertemuan, atau istilah Balinya "paruman" ini dilakukan di Br. Sangiang Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi Badung, Sabtu (27/10/2018).

Dalam pemaparannya Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta, mengajak masyarakat yang hadir ikut berpartisipasi dalam Pemilu dengan cara menjadi penyelenggara.

"Pada Pemilu Tahun 2019 nanti terdapat gabungan pemilihan yakni pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilu legislatif, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD, sehingga membatasi jumlah pemilih per TPS yang membawa implikasi bertambahnya jumlah TPS dan juga penyelenggara KPPS," jelas I Wayan Semara Cipta.

Lebih jauh Anggota KPU yang turut hadir, Ni Luh Nesia Padma Gandi, menjelaskan berbagai tahapan dalam Pemilu, jumlah Parpol peserta Pemilu, warna surat suara, waktu dan tatacara pencoblosan.

"Untuk diketahui warna surat suara Pemilu 2019 berturut-turut untuk Capres dan Cawapres wara abu-abu, DPR RI warna Kuning, DPD warna merah, DPRD Provinsi warna biru, dan DPRD Kabupaten warna hijau, sehingga disingkat "akumebija", kata Nesia Padma Gandi.

Warga yang hadir nampak antusias terlihat dari timbulnya pertanyaan seperti bagaimana jika warga yang lanjut usia apakah boleh mendapat pendampingan dan apa saja syarat-syarat jadi anggota KPPS.

Menjawab pertanyaan tersebut, Semara Cipta menjelaskan warga lanjut usia dapat didampingi oleh petugas dan mencoblos sendiri pilihannya. Persyaratan menjadi anggota KPPS secara resmi akan diumumkan dan bagi yang berminat dapat mempersiapkan dokumen sejak dini.

Acara ditutup dengan melakukan foto bersama dengan warga yang hadir, dan setelahnya warga kembali melanjutkan pertemuan rutin mereka.


Oleh : kpubadung | 27 Oktober 2018 | Dibaca : 58 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?