AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Gelar Rapat Evaluasi LADK Ajak Peserta Pemilu Jujur dan Transparan Pemilu 2019

Oleh : kpubadung | 29 Oktober 2018 | Dibaca : 73 Pengunjung

Pasca penerimaan Laporan Awal Dana Kampane Peserta Pemilu tahun 2018 tanggal 23 September 2018 yang lalu, KPU Kabupaten Badung kembali menggelar rapat berkenaan dengan Evaluasi LADK dan Persiapan Penyusunan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Rainforest – Sunset Road, Senin (29/10/2018).

Hadir membuka rapat sekaligus sebagai narasumber Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan. Dalam sambutannya, Agung Lidartawan menyampaikan bahwa Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) sangat menentukan dalam penetapan calon terpilih sehingga kegiatan diharapkan dapat diikuti dengan baik.

Agung Lidartawan memberikan Apresiasi KPU Kabupaten Badung menjadi yang pertama untuk melakukan bimtek persiapan penyusunan LPSDK. “Jangan sampai karena keterlambatan KPU menyampaikan informasi berkenaan dengan penyusunan pelaporan Dana Kampanye akan berdampak fatal bagi peserta Pemilu,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, disampaikan materi berkenaan dengan persiapan penyusunan LPSDK. Mengingatkan kembali berkenaan dengan sumber, bentuk dan batasan dana kampanye. Untuk LPSDK sendiri disampaikan pencatatan transaksi baik penerimaan maupun pengeluarannya.

“Kami melalui KPU Provinsi Bali telah melakukan koordinasi dengan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Bali untuk dapat disertakan dalam helpdesk sebagai pendampingan penyusunan pelaporan dana kampanye,” jelas Agung Lidartawan.

Point penting yang perlu diingat adalah setiap orang atau kelompok yang akan menyumbang harus menunjukkan identitas dengan jelas yang dilengkapi surat pernyataan. Jadi Parpol wajib mengingatkan penyumbang mengenai batasan sumbangan. Kelebihan sumbangan tidak akan dapat digunakan dan harus dikembalikan ke kas negara 14 hari setelah penutupan masa kampanye.

Kegiatan dilanjutkan dengan teknis pencatatan melalui aplikasi yang dipandu oleh operator KPU Kabupaten Badung.

Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta saat menutup kegiatan menyampaikan kepada Partai Politik bahwa bimtek ini membantu dan mempermudah Partai Politik untuk menyusun laporan dana kampanye. Harapannya agar lebih intens melakukan koordinasi dengan helpdesk KPU dalam hal teknis aplikasi.

Selanjutnya Peserta Pemilu dapat menyampaikan LPSDK tepat waktu yakni pada tanggal 2 Januari 2019 sampai dengan pukul 18.00 WITA. Kegiatan dihadiri oleh Petugas Penghubung dan Operator Parpol, Bawaslu dan Tim Kerja KPU Kabupaten Badung.


Oleh : kpubadung | 29 Oktober 2018 | Dibaca : 73 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?