AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

Pleno DPTHP-2 di KPU Badung ada penambahan TPS

Oleh : kpubadung | 13 November 2018 | Dibaca : 99 Pengunjung

Mangupura-Hasil pencermatan dan verifikasi data pemilih sebagaimana diatur dalam SE KPU RI nomer 1351 lumayan membuat jajaran KPU Kabupaten Badung hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengatur nafas panjang dalam melakukan validasi data pemilih terlebih dengan ketiadaan perekrutan petugas pemutahiran data pemilih. Melalui hasil pencermatan dan verifikasi data pemilih ini, kemudian didapatkan hasil adanya penambahan pemilih yang berdampak kepada adanya penambahan TPS di beberapa kecamatan di Badung. Hal ini terungkap dalam hasil rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP-2 yang digelar KPU Kabupaten Badung Selasa (13/11/2018) bertempat di Hotel Nirmala Denpasar. 
 
Penambahan TPS terjadi di Kecamatan Abiansemal, terdapat penambahan TPS lagi 1 buah, kemudian di Kuta bertambah lagi 25 TPS, selanjutnya di Kuta Selatan bertambah lagi 13 TPS. Jadi Total terdapat penambahan 39 TPS yang tersebar se-Kabupaten Badung dengan jumlah pemilih dari 366.131 menjadi 384.798, dimana khusus untuk Kecamatan Mengwi, Petang dan Kuta Utara jumlah TPSnya tidak mengalami perubahan. 
 
Tentunya adanya perubahan jumlah pemilih dan jumlah TPS di Kabupaten Badung sebagai akibat proses upload data kedalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Jadi sebenarnya data yang akan diplenokan dalam rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP-2 oleh KPU Kabupaten Badung telah melalui proses dan tentu saja mengacu dari hasil sistem Sidalih sebagai dasar rekapan data pemilih Pemilu tanggal 17 April
2019 mendatang papar I Wayan Semara Cipta selaku Ketua KPU Kabupaten Badung. 
 
Kayun demikian panggilan akrab Ketua KPU Badung menegaskan seandainya pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP-2), masih terdapat pemilih yang tercecer, maka pemilih masih dapat menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP-elektronik ke TPS sesuai alamat yang tertera pada KTPnya, namun memilihnya mulai jam 12.00 waktu hingga pukul 13.00 waktu setempat. 
 
Dalam lampiran Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP-2 oleh KPU Kabupaten Badung nomor 1338 terungkap terdapat penambahan pemilih baru sejumlah 19.945 pemilih, kemudian pemilih yang dihapus karena sudah tidak memenuhi syarat akibat meninggal, pindah domisili atau menjadi TNI/Polri dan lainnya terdapat sejumlah 1.278. Selanjutnya ada juga beberapa pemilih yang diperbaiki elemen datanya seperti perbaikan NIK, Nama, Status dan Pindah domisili sejumlah 2.147 pemilih, pungkas Kayun Semara.


Oleh : kpubadung | 13 November 2018 | Dibaca : 99 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?