AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

Sinkronisasi Data Pemilih, KPU Badung gandeng Bawaslu dan Parpol

Oleh : kpubadung | 09 November 2018 | Dibaca : 73 Pengunjung

 
 
Mangupura-Jelang penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap 2 (DPTHP-2), KPU Kabupaten Badung bersama partai politik dan Bawaslu Kabupaten Badung melakukan sinkronisasi data. Sesuai tahapan pemutakhiran data pemilih, maka hasil pencermatan bersama ini akan ditetapkan menjadi DPTHP-2 secara berjenjang  dari tingkat PPS sampai KPU Kabupaten Badung pada 9 hingga 13 November 2018.
 
 Rapat sinkronisasi data yang berlangsung di Hotel Nirmala (9/11/2018), diawali dengan pemaparan oleh Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra. ”Proses ini merupakan hasil pemutakhiran dari DPS hingga DPTHP-1, termasuk GMHP dan Coklit Terbatas” demikian disampaikan Gung Yusa Arsana.
 
Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta menegaskan proses yang telah dilaksanakan jajaran penyelenggara di Kabupaten Badung. “Semua proses pencermatan dalam rangka penyempurnaan Data Pemilih telah dijalankan mulai dilakukannya Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang digelar dari tanggal 1-28 Oktober 2018. Rapat koordinasi sinkronisasi data pemilih ini merupakan bentuk keterbukaan KPU Badung dalam menerima masukan berupa hasil pencermatan terhadap Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) yang telah ditetapkan tanggal 13 September silam. Proses sinkronisasi yang digelar KPU Badung ini melibatkan Partai Politik, Disdukcapil Badung dan Bawaslu Kabupaten Badung atas pencermatan Daftar Pemilih yang telah diberikan beberapa lalu...” tegas Semara Cipta.
 
Dari hasil pencermatan terhadap DPTHP-1, terdapat penambahan TPS di empat kecamatan di Kabupaten Badung. Hingga rapat sinkronisasi ini dilakukan, terdata 42 TPS tambahan yang tersebar di Kecamatan Abiansemal, Kuta Utara, Kuta dan Kecamatan Kuta Selatan. Penambahan ini seiring dengan pertambahan jumlah pemilih di Kabupaten Badung dari 366.131 menjadi 384.751. Proses penetapan secara berjenjang hingga pleno di tingkat KPU Kabupaten Badung pada 13 November 2018, masih membuka peluang adanya penambahan TPS.
 
Terhadap hasil pencermatan dan sinkronisasi data ini, Bawaslu Kabupaten Badung memberikan apresiasi. Hal ini salah satunya karena proses yang rumit, hingga data yang diturunkan juga berjumlah puluhan ribu. Rapat diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil sinkronisasi DPTHP-1 dengan partai politik dan Bawaslu Kabupaten Badung.


Oleh : kpubadung | 09 November 2018 | Dibaca : 73 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?