AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Serahterimakan APK Fasilitasi KPU dalam Kampanye Pemilu 2019

Oleh : kpubadung | 27 November 2018 | Dibaca : 56 Pengunjung

Pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK) yang menjadi fasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui tahapan yang panjang berupa tahapan perancangan desain APK oleh peserta pemilu, persetujuan desain, persetujuan dummy, pencetakan, hingga penyerahan kepada peserta pemilu dilakukan di kantor KPU Kabupaten Badung, Selasa (27/11/2018).
 
APK Fasilitasi KPU merupakan hak peserta pemilu, sehingga menjadi kewajiban KPU sebagaimana diatur untuk dicetakkan dan diserahkan kepada peserta pemilu dalam masa kampanye Pemilu Tahun 2019 yang telah dimulai sejak tanggal 23 Oktober 2018 hingga 13 April 2019.
 
Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta dalam pembukaannya menyampaikan jenis APK yang menjadi fasilitasi KPU berupa 5 buah Baliho dan 16 buah Spanduk masing-masing untuk Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dan masing-masing Partai Politik, serta 10 buah spanduk untuk setiap Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk dipasang di wilayah Kabupaten Badung.
 
“APK Fasilitasi KPU ini sesuai jenis dan peruntukannya akan kami serahkan seusai acara ini, mohon agar dipasang pada titik-titik pemasangan sebagaimana lokasi pemasangan yang telah ditentukan sesuai hasil pengundian yang kami buatkan SK No. 122 tanggal 2 Oktober 2018, selama masa kampanye Pemilu 2019,” kata Semara Cipta.
 
APK Fasilitasi KPU secara khusus diberi tanda untuk membedakannya nanti dengan APK lain yang memang dapat ditambahkan sendiri oleh peserta pemilu sesuai ketentuan, berupa tanda tangan oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, I Wayan Artana Dana.
 
Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, I Wayan Artana Dana, menyampaikan penegasan-penegasan terkait Kampanye utamanya yang menjadi larangan seperti mempersoalkan dasar negara, tindakan yang membahakan persatuan dan kesatuan bangsa, mengumbar isu SARA, tindakan intimidasi, perusakan APK peserta lain, memanfaatkan fasilitas pemerintah, atau melakukan politik uang.
 
“Peserta pemilu selalu kami himbau agar menaati segala peraturan dan ketentuan terkait kampanye, utamanya yang menjadi laranganya, seperti larangan memasang APK pada  tempat ibadah, rumah sakit atau pelayanan kesehatan, gedung pemerintah, dan lembaga pendidikan (gedung atau sekolah),” kata Wayan Artana Dana.
 
Turut hadir pada acara ini selain undangan dari Tim Penghubung Peserta Pemilu dari pasangan Capres Cawapres, LO Partai Politik dan Timp Penghubung Calon Anggota DPD, yakni Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Badung dan Bawaslu Kabupaten Badung. 
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Badung, Ketut Alit Astasoma dalam penyampaiannya turut mengingatkan agar peserta pemilu segera memasang APK yang telah diserahkan KPU tersebut, dengan turut memperhatikan pemasangannya meliputi titik yang ditentukan, estetika dan kerapian, kekokohan dan keamanan pemasangan menghindari kerubuhan agar tidak menimbulkan korban ataupun kerugian materiil lainnya.
 
Turut menyampaikan pesannya, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Badung, I Nyoman Suendi, keberadaan Kesbangpol tidak untuk melakukan intervensi penyelenggaraan, namun turut mendorong kepada penyelenggara dan peserta pemilu untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman dan damai.
 
“Kami tidak intervensi, tapi berkepentingan mendorong pelaksanaan pemilu 2019 agar aman dan damai sehingga index kerukunan tetap terjaga bahkan meningkat seiring suksesnya pelaksanaan pemilu 2019,” kata Nyoman Suendi.
 
Pada akhir acara dilaksanakan serahterima APK Fasilitasi KPU dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima yang berisi jenis dan jumlah APK yang diserahkan, peruntukannya untuk dipasang dalam masa Kampanye Pemilu 2019, ditandatangani oleh KPU Kabupaten Badung dan penerima yang disaksikan langsung oleh Bawaslu Kabupaten Badung.
 
FOTO TERKAIT


Oleh : kpubadung | 27 November 2018 | Dibaca : 56 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?