AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Berikan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019 Kepada Perbekel Lurah Se Badung

Oleh : kpubadung | 04 Desember 2018 | Dibaca : 100 Pengunjung

Keterlibatan segenap stakeholder dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 sangat penting, mengingat ini adalah pertama kali dilakukannya Pemilu serentak menggabungkan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dengan Pemilu Legislatif yang terdiri dari Pemilihan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

Pelibatan segenap stakeholder tersebut hendaknya dibarengi dengan pemahaman yang sama antar satu dengan yang lainnya mengenai tahapan pelaksanaan Pemilu maupun rangkaian regulasi yang mengaturnya.

Dalam pembukaan acara sosialisasi yang dilakukan di Hotel Made, Sempidi, Selasa (4/12/2018), Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta menyampaikan, salah satu bentuk koordinasi dan fasilitasi jajaran pemerintah desa selaku stake holder dalam pemilu adalah merekomendasikan SDM sebagai penyelenggara di tingkat TPS.

“Kami mohon bapak ibu jajaran pemerintah desa, agar membatu kami menyediakan SDM sebagai penyelenggara di TPS, berupa 7 orang KPPS dan 2 orang petugas pengamanan TPS, sebagaimana begitu besarnya penambahan TPS dari 579 TPS pada Pilgub 2018 menjadi 1.413 pada Pemilu 2019” pinta I Wayan Semara Cipta.

Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, yang berkesempatan hadir turut menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran pemerintahan di Kabupaten Badung hingga di Desa/Kelurahan telah menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik untuk turut selalu mensukseskan setiap pelaksanaan pemilu dan pemilihan di Kabupaten Badung.

“Keberhasilan kami selaku penyelenggara yang juga diapresiasi oleh KPU RI, merupakan keberhasilan rekan-rekan di KPU Kabupaten Kota yang juga menjadi bapak ibu dalam jajaran pemerintahan di Kabupaten Badung hingga tingkat Desa/Kelurahan, ke depan kami harapkan selalu dukungannya untuk menjaga iklim penyelenggaraan pemilu yang baik,” kata Agung Lidartawan.

Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Sosialisasi, I Wayan Artana Dana menyampaikan tahapan umum pelaksanaan Pemilu 2019 yang sampai tahap ini memasuki tahapan Kampanye, mengharap bantuan koordinasi pemerintahan di Desa/Kelurahan terkait pemasangan APK oleh peserta Pemilu.

“Meski telah diatur titik pemasangan APK oleh KPU, namun untuk pemasangan APK tambahan dari peserta pemilu, mereka akan langsung berkoordinasi dengan jajaran pemerintahan di Desa/Kelurahan, ini mohon dapat difasilitasi sehingga semua terfasilitasi dengan baik,” kata Artana Dana.

I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Program dan Perencanaan menyampaikan alur pemutakhiran daftar pemilih yang telah memasuki tahap penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tahap Kedua (DPTHP-2).

“Hingga ditetapkannya DPTHP-2 pada 13 November lalu, dengan jumlah pemilih 384.798 dan 1.431 TPS, KPU RI kembali menginstruksikan untuk membuka ruang pemutakhiran data hingga 25 Desember 2018, yang artinya KPU membuka ruang untuk menhasilkan daftar pemilih yang mendekati akurat dan mutakhir,” jelas Agung Yusa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Badung, I Ketut Alit Astasoma, menyampaikan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kampanye agar jangan sampai ASN dengan posisi strategis potensial dimanfaatkan oleh peserta pemilu dalam pelaksanaan pemilu berusaha mengambil simpati masyarakat dalam upaya meraih kekuasaan maupun mempertahankan kekuasaan.

Selain mendapat sosialisasi mengenai tahapan Pemilu 2019, peserta yang hadir mendapatkan materi berupa Keputusan KPU nomor 122 tahun 2018 tentang penetapan Lokasi Pemasangan APK dan lokasi rapat umum Pemilu Tahun 2019, sebagai panduan memfasilitasi pelaksanaan Kampanye di masing-masing wilayah Desa/Kelurahan.


Oleh : kpubadung | 04 Desember 2018 | Dibaca : 100 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?