AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Segerakan Bimtek Perbaruan Aplikasi SIDAKAM Kepada Peserta Pemilu

Oleh : kpubadung | 04 Desember 2018 | Dibaca : 102 Pengunjung

Dalam rangka update aplikasi terbaru, KPU Kabupaten Badung mengadakan Rapat Koordinasi Ujicoba Penyusunan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye melalui Aplikasi Sidakam V.19. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (04/12/2018) di Kantor KPU Badung mengundang petugas penghubung dan operator Partai Politik.

Anggota KPU Badung Divisi Teknis Penyelenggara, Ni Luh Nesia Padma Gandi saat membuka rapat menyampaikan bahwa pertemuan kali ini akan dilakukan ujicoba terhadap aplikasi terbaru. Untuk itu diharapkan agar peserta memperhatikan degan baik proses secara teknis jika tidak ingin kesulitan dalam melakukan input data selanjutnya.

Nesia Gandi menegaskan agar Partai Politik memperhatikan setiap undangan kegiatan kepada siapa ditujukan. Hal ini perlu karena dalam setiap kegiatan ada informasi penting berkenaan dengan tahapan yang disampaikan. “Jangan sampai karena yang hadir berbeda, informasi penting yang seharusnya menjadi pedoman malah tidak sampai kepada Pimpinan Parpol” jelasnya.

Anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Pendampingan Helpdesk, Dr. Drs. Herkulanus Bambang Suprasto, M.Si.,Ak.,CA, menekankan bahwa pencatatan yang dilakukan operator Partai Politik baik itu LADK, LPSDK dan LPPDK akan dilakukan audit. Asersi yang akan dinilai adalah kepatuhan dari peserta pemilu sedangkan dasar kepatutan adalah peraturan dan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh KPU. Hasilnya akan menentukan kelanjutan dari proses pelaksanaan tahapan yang sudah diikuti oleh Peserta Pemilu 2019.

“Ketentuan ini harus diikuti dan disiapkan, walaupun mungkin dalam pelaksanaannya akan sedikit sulit dari segi administrasi tetapi harus tetap diikuti” jelas Bambang Suprasto.

Berkenaan dengan teknis pencatatan pada aplikasi dipandu oleh Operator KPU Bali, Santi Chovarida. Selain dijelaskan perbedaan aplikasi V.19 dengan V.18.3, juga dilakukan ujicoba terhadap beberapa jenis transaksi yang berbeda.

Dalam ujicoba ini terdapat beberapa kendala saat penggunaan aplikasi diantaranya tidak dapat login pada menu DPR & DPRD. Dibeberapa perangkat tidak dapat melakukan input tambah data pada menu transaksi penerimaan Partai Politik serta beberapa kendala lain yang sudah dicatat dan akan segera dilakukan konsultasi dengan KPU RI.


Oleh : kpubadung | 04 Desember 2018 | Dibaca : 102 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?