AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Lantik 55 Relawan Demokrasi Untuk Pemilu 2019

Oleh : kpubadung | 18 Januari 2019 | Dibaca : 458 Pengunjung

Relawan Demokrasi merupakan program dari KPU RI untuk mendorong Sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019 lebih massif lagi dengan pelibatan dari unsur-unsur masyarakat pemilih untuk memberi pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat seputar pemilu.

Semenjak dibuka pengumuman perekrutan Relawan Demokrasi pada 10 Januari 2019 lalu, antusias masyarakat Kabupaten Badung sangat baik untuk ikut mendaftar, terbukti hingga ditutupnya pendaftaran satu hari sebelum penetapan, 55 orang relawan sudah terdaftar.

Pelantikan terhadap 55 orang relawan demokrasi yang terbagi kedalam 10 basis ini dilaksanakan di Hotel Nirmala (17/01/2019), dengan dilakukannya penyematan secara simbolis atribut relawan pemilu berupa kaos, tanda pengenal, dan peralatan tulis untuk bekerja nantinya.

Adapun kesepuluh basis relawan tersebut adalah basis keluarga, basis pemilih muda, basis pemilih pemula, basis keagamaan, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih marginal, basis pemilih perempuan, basis komunitas, dan basis warga internet (netizen).

Turut hadir dan menyematkan atribut kepada relawan demokrasi, Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan yang juga didaulat memberikan arahan-arahan kepada segenap relawan yang hadir.

“Relawan sekarang sudah merupakan bagian dari penyelenggara, jadi terikat akan aturan dan kode etik yang mohon dengan sangat untuk dipatuhi dan jangan sekali-kali dilanggar,” tegas Agung Lidartawan.

Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta dalam sambutannya berpesan kepada relawan demokrasi agar bekerja dengan baik, karena tugas menjadi relawan adalah mulia karena turut membantu mensosialisasikan pemilu dengan tujuan terpilihnya pemimpin-pemimpin mulia yang mensejahterakan rakyat.

“Relawan Demokrasi Pemilu 2019 menjadi tugas mulia karena turut mensosialisasikan pemilu demi terciptanya tujuan pemilu yakni terpilihnya pemimpin mulia yang akan mensejahterakan masyarakat,” kata I Wayan Semara Cipta.

Setelah pelaksanaan pelantikan dilakukan pemberian bimbingan teknis dengan dua orang narasumber , yang pertama Dr. Ni Made Ras Amanda Gelgel S.Sos M.Si dengan materi “Yuk Cerdas Berkomunikasi”, dan I Gusti Ngurah Agung Darmayuda dengan tema Pentingnya Demokrasi dan Pemilu serta Teknis Tahapan Pemilu.

Selepas pelantikan dan pembekalan ini, Relawan Demokrasi akan bertugas selama tiga bulan sebagai garda terdepan KPU dalam melakukan sosialisasi dengan tujuan meningkatkan kualitas pemahaman pemilu, meningkatkan partisipasi dan kepercayaan publik terhadap proses pemilu dan demokrasi.


Oleh : kpubadung | 18 Januari 2019 | Dibaca : 458 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
Errerere -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?