AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

BIMTEK PENYUSUNAN DPK, DPTb DAN PERBAIKAN DPT

Oleh : kpubadung | 30 Januari 2019 | Dibaca : 285 Pengunjung

Mangupura- Turunnya petunjuk teknis dari KPU RI terkait Penyusunan DPK, DPTb dan Perbaikan DPT dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2019, menjadi pembahasan dalam bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung. Bertempat di Hotel Nirmala (30/01/2019), bimtek menghadirkan jajaran PPK dan PPS se-Kabupaten Badung.

Rapat  dibuka Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta, didamping oleh Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Bali I Gusti Ngurah Darma Sanjaya. Berbagai petunjuk teknis disampaikan oleh Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Badung I G K G Yusa Arsana Putra bersama operator Sidalih.

Dalam petunjuk teknis dijelaskan antara lain mekanisme penyusunan DPK serta penyusunan DPK menjadi DPT. Selain itu, dijelaskan pula penyusunan DPTb pemilih pindah dari daerah asal, penyusunan DPTb pemilih pindah dari daerah tujuan, perbaikan DPT dan jadwal penyusunan DPK, DPTb dan Perbaikan DPT.

Berdasarkan PKPU 37 Tahun 2018, pindah memilih saat Pemilu 2019 dapat dilakukan bagi pemilih yang bekerja diluar domisili, sedang belajar/nyantri/kuliah, sedang dirawat di panti sosial/rehabilitasi, menjadi napi/tahanan dan tertimpa bencana alam.  Pemilih yang sudah terdaftar di DPTb wajib menggunakan Formulir A5 yang merupakan formulir pindah memiih. Formulir tersebut bisa didapatkan di PPS setempat atau  KPU Kabupaten Badung, agar dapat menggunakan hak pilih pada 17 April 2019.

Sesuai dengan PKPU No 32 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu 2019, maka pelaporan jumlah DPK Tahap Kedua dapat dilakukan pada rentang 7-17 Maret 2019 dan 5-10 April 2019.


Oleh : kpubadung | 30 Januari 2019 | Dibaca : 285 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?