AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Ajak Relawan Demokrasi Pahami Kode Etik dan Teknis Kerja melalui Bimtek

Oleh : kpubadung | 01 Februari 2019 | Dibaca : 211 Pengunjung

Relawan Demokrasi dibentuk oleh KPU dengan tujuan membantu mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 untuk meningkatkan partisipasi pemilih, kualitas pemilu dan kesukarelaan masyarakat dalam agenda pemilu dan demokratisasi.

Sebelum menjalankan tugasnya melaksanakan sosialisasi berhadapan langsung dengan masyarakat, para Relawan Demokrasi dibekali pemahaman dengan kode etik serta teknis kerja melalui pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis yang dilakukan di Gedung Madya Gosana DPRD Kabupaten Badung, Jumat (01/02/2019).

Hadir dalam acara bimtek dan memberikan pembekalan kode etik, Anggota KPU Provinsi Bali divisi Hukum dan Pengawasan, Anak Agung Gede Raka Nakula, menekankan pentingnya menjaga integritas diri sebagai bagian pelaksanaan kode etik untuk menjalankan tugas sebagai Relawan Demokrasi.

“Jagalah integritas sebagai bentuk pelaksanaan kode etik sebagai Relawan Demokrasi, sehingga dalam melaksanakan tugas tidak muncul keragu-raguan, bersemangat dan percaya diri,” kata Agung Nakula menggugah semangat relawan yang hadir.

Dalam penyampaian Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta menyampaikan bagaimana mekanisme kerja Relawan Demokrasi nantinya melalui pembuatan rencana aksi program.

“Yang pertama perlu dilakukan adalah menunjuk coordinator Basis, kemudian silakan nanti menyusul rencana kerja sesuai kreasinya masing-masing dan menginformasikan kepada kami, berikut pelaporan disusun setiap minggunya,” jelas I Wayan Semara Cipta.

Anggota KPU Divisi Sosialisasi, I Wayan Artana Dana, menyampaikan tentang pokok-pokok materi yang dapat disampaikan dalam sosialisasi nantinya dan menggunakan atribut dan panduan berupa modul yang telah dibagikan kepada Relawan Demokrasi.

Dalam rangka tolok ukur kegiatan, panitia memberikan kuis pre-test dan post-test untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman yang didapat peserta terkait materi yang disampaikan dalam bimtek.

Peserta yang hadir juga menerima seminar kit, baju kaos, tanda pengenal, buku modul panduan relawan demokrasi, brosur dan contoh jenis-jenis surat suara pemilu tahun 2019 untuk atribut dan bahan dalam melakukan sosialisasi sebagai Relawan Demokrasi.

Usai kegiatan bimtek, para relawan diajak untuk melakukan orasi di luar gedung, tepatnya di pertigaan Patung Hanoman Sempidi, untuk gelar sosialisasi pertama oleh relawan demokrasi di Kabupaten Badung.


Oleh : kpubadung | 01 Februari 2019 | Dibaca : 211 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?