AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

KPU Badung Tetapkan Pemilih DPTb Pemilu 2019

Oleh : kpubadung | 17 Februari 2019 | Dibaca : 208 Pengunjung

Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu Tahun 2019 memasuki babak penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) atau pemilih yang akan melakukan pindah memilih pada hari dan tanggal pemungutan suara.

Untuk tingkat KPU Kabupaten Kota sudah diharuskan menetapkan DPK dan DPTb paling lambat 17 Februari 2019 setelah pukul 16.00 waktu setempat.

Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan penuh bagi masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dapat mengurus dan melapor bila akan melakukan pindah memilih pada tanggal 17 April nanti.

KPU Kabupaten Badung melakukan penetapan DPTb pada hari ini, Minggu (17/02/2019) di kantor KPU Kabupaten Badung, mengundang Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Pimpinan atau Penghubung (LO) Partai Politik, dan Bawaslu Kabupaten Badung serta mendapatkan supervise langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan.

Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta mengatakan dalam sambutannya bahwa mekanisme dalam penyusunan DPTb ini sepenuhnya mengacu kepada pelayanan kepada hak konstitusional warga dalam pemilu, sehingga dibuka ruang dan jaminan setiap warga negara tanpa terkecuali yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dijamin hak pilihnya dimanapun mereka berada saat pemilihan.

“Pemilih yang akan memilih di tempat lain dapat melakukan proses pindah memilih dengan konsekuensi perubahan hak terhadap surat suara yang diterima sesuai mekanisme yang telah ditentukan,” kata Semara Cipta.

Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Program Perencaaan, I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, mengatakan proses penyusunan DPTb atau pemilih pindahan telah mulai sejak 16 Desember 2018 hingga ditetapkan berjenjang mulai dari tingkat desa oleh PPS pada tanggal, 15 Februari 2019, di tingkat kecamatan oleh PPK pada tanggal 16 Februari 2019, hingga di tingkat KPU Kabupaten Kota.

Adapun jumlah pemilih DPTb dibacakan oleh Anggota KPU Kabupaten Badung Divisi Teknis, Ni Luh Nesia Padma Gandi dengan jumlah DPTb masuk sejumlah 819, DPTb keluar sejumlah 218 pemilih.

Setelah ini tahapan penetapan DPTb dilakukan di tingkat Provinsi oleh KPU Provinsi Bali, pada hari Senin, 18 Februari 2019 besok, di Hotel Grand Bali Beach.

Foto Kegiatan :


Oleh : kpubadung | 17 Februari 2019 | Dibaca : 208 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
kpubadung@gmail.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?