AGENDA KEGIATAN

Baca Berita

Roadshow Bimtek Tungsura KPU Badung Sasar Kuta Selatan

Oleh : kpubadung | 17 Maret 2019 | Dibaca : 801 Pengunjung

Kuta selatan memiliki jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang besar dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, tercatat sebesar 313 TPS dari keseluruhan 1.411 TPS se Kabupaten Badung berdasarkan hasil penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHp) Tahap kedua Desember 2018.

Atas dasar tersebut, diperkirakan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan akan memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan wilayah lainnya.

“Di dalam ketentuan dibuka ruang untuk teknis pelaksanaan rekapitulasi secara parallel di tingkat kecamatan, dengan jumlah maksimal 4 kelompok yang dipimpin masing-masing oleh anggota PPK, sehingga dengan demikian proses rekapitulasi dapat dipersingkat, tentunya hal ini setelah disepakati oleh semua pihak yang nantinya terlibat dalam proses rekapitulasi di kecamatan tersebut seperti dengan Panwascam dan para Saksi peserta pemilihan di tingkat kecamatan,” kata Ni Luh Nesia Padma Gandi, saat Bimtek di Kantor Camat Kuta Selatan (17/03/2019).

Pada saat penghitungan suara di TPS pun, dalam pembuatan salinan formulir Model C dan C1 tiap pemilihan yang jumlah rangkapnya cukup banyak, dimungkinkan untuk menggunakan sarana teknoligi (print scanner) sebagaimana diberikan dalam buku Panduan KPPS.

“Formulir model C dan C1 yang telah selesai diisi dapat diperbanyak dengan cara elektronik, namun hasilnya harus di tanda tangan basah oleh KPPS dan semua saksi dan pengawas di TPS,” terang Nesia Gandi.

Sama seperti Bimtek sebelumnya, Nesia Gandi, Anggota KPU Kabupaten Badung yang membidangi DIvisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan, tidak berhenti dipenentuan jenis surat suara yang diterima pemilih, juga bagaimana memastikan surat suara dimasukkan ke dalam kotak pemilihan yang sesuai sehingga tidak tertukar.

Disamping membahas jenis pemilih, Nesia Gandi juga menjelaskan tentang pembagian tugas KPPS saat pemungutan dan penghitungan suara, jenis logisitik yang akan diterima di TPS, serta jenis formulir yang akan diisi hasil penghitungan suara dan peruntukannya.

Diakhir acara, peserta bimtek diajak mengerjakan soal simulasi pemungutan suara di TPS dan menuangkan hasilnya kedalam formulir model C1 untuk memberikan pemahaman lebih mendalam terkait teknis pengisian formulir dan gambaran kejadian di TPS.


Oleh : kpubadung | 17 Maret 2019 | Dibaca : 801 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
Errerere -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung?